Rabu, 04 April 2018

Xiaomi Redmi 5 Plus : Dengan Layar Kekinian 18:9

Diposting oleh Unknown | Pada 07.31

Lagi dan lagi, Xiaomi belum mau berhenti mengacaukan harga pasar smartphone lewat perangkat murahnya. Diakhir tahun 2017 lalu saja, ada dua keluarga baru Redmi dengan layar 18:9. Apalagi kalau bukan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus.
Daripada lama-lama, langsung cekidot review-nya!

Desain



Desain adalah bagian yang ditonjolkan dari Redmi 5 Plus. Bagian layarnya kekinian dengan dimensi 5,99 inci, permukaan 2,5D, aspek rasio 18:9, serta resolusi Full HD+ 2.160 x 1.080 piksel.
Kalau umumnya border layar smartphone bersudut lancip, di Redmi 5 Plus Xiaomi membuatnya border tersebut agak melengkung di setiap sudut. Praktis layar dengan panel IPS ini jadi makin terlihat lebih luas.
Sebagian besar bodi Redmi 5 Plus dibuat dengan bahan metal. Jadi kalau menggunakan tanpa casing, bisa jadi kita harus sering mengelap smartphone karena bagian belakangnya tergolong fingerprint magnet.
Untuk varian warnanya, Xiaomi Redmi 5 Plus punya empat pilihan warna, yaitu Black, Gold, Light Blue, dan Rose Gold. Untungnya kami berhasil mendapatkan unit berwarna Light Blue.
Di bagian belakangnya terdapat modul kamera 12 MP, LED flash, serta sensor fingerprint yang terletak di tengah bodi. Kemampuan sensor fingerprint di Redmi 5 Plus tergolong cepat. Anda bisa langsung membuka smartphone dalam keadaan layar mati.
Di bagian atas smartphone, Anda akan melihat jack audio dan infrared blaster. Sedangkan di sisi sebaliknya terdapat port microUSB bersamaan dengan dua lubang speaker. Walaupun ada dua, ternyata suara yang keluar hanya satu dari speaker sebelah kanan saja.
Beralih ke bagian depan ada modul kamera selfie 5 MP, juga ada LED flash, earpiece, serta LED notifikasi yang terletak di kanan atas smartphone. Karena sudah mengusung rasio 18:9, otomatis tombol navigasinya diletakkan di dalam layar.
Tidak ketinggalan, Xiaomi juga sudah menyediakan dua slot kartu SIM berjenis nano yang sayangnya bertipe hybrid. Jadi kalau mau pakai microSD (maksimal hingga 128 GB) harus mengorbankan slot kedua.

Hardware


Redmi 5 Plus ini sudah berjalan di atas MIUI global versi 9.2 stable yang berbasis Android 7.1.2 Nougat. Tampilan user interface-nya terlihat makin bersih, tapi jangan tertipu karena sebenarnya ada segudang pilihan penyesuaian dan tool canggih yang bisa ditemukan jika kita menggali lebih dalam.
Di sini Xiaomi sudah memberi dukungan multi-window atau disebut split screenquick replies for notificationsmart app launchersmart assistance, dan smart image search.
Ya, ada banyak fitur pintar di MIUI 9 berkat dukungan machine learning process yang baru. Artinya, headset ini mampu mempelajari penggunanya dan harusnya memberi user experience yang lebih baik dari waktu ke waktu.


MIUI 9 membawa banyak perbaikan, seperti manajemen RAM yang lebih baik, kinerja lebih cepat, lebih ramah sumber daya, doze mode yang lebih baik, dan lainnya.

Software



Menjadi salah satu smartphone terbaru Xiaomi, dukugan sistem operasi yang digunakannya adalah versi terbaru. Redmi 5 Plus sudah menggunakan sistem operasi MIUI 9 berbasis Android 7.1.2 Nougat.


Salah satu fitur yang cukup menarik perhatian kami adalah Screen Recorder. Anda tidak perlu men-download aplikasi pihak ketiga hanya untuk merekam aktivitas layar smartphone.
Aplikasi bawaan Xiaomi ini mampu merekam layar hingga resolusi maksimal 2.160 x 1.080 piksel dengan frame rate 30 fps. Anda juga dapat mengatur kualitas video hingga 40 Mbps, namun ukuran file yang dihasilkan tentu akan jadi lebih besar.
Selain lebih ringan digunakan, hasil rekaman layar dengan Screen Recorder Xiaomi tidak ada watermark sama sekali. Tentu bisa membantu Anda untuk meng-upload beragam konten keren, terutama jika Anda adalah seorang YouTuber gaming.
Fitur-fitur lain di MIUI 9 yang bisa digunakan di Redmi 5 Plus antara lain Split Screen untuk menjalankan dua aplikasi bersamaan, Dual Apps untuk menggandakan aplikasi, Reading Mode untuk membantu membaca di malam hari, Mi Drop untuk transfer file tanpa internet, dan fitur Second Space dimana Anda seperti memiliki dua user dalam satu smartphone.
MIUI 9 di Redmi 5 Plus ini sendiri cenderung boros RAM. Saat smartphone dalam kondisi idle tanpa menjalankan aplikasi apapun, penggunaan RAM-nya setidaknya 1 GB dan bisa mencapai 1,5 GB.

Kamera


Selain layar, kamera juga jadi salah satu yang diunggulkan Redmi 5 Plus. Xiaomi membekali kamera beresolusi 12 MP f/2.2 dengan beragam fitur unggulan seperti PDAF, low light camera, panorama, face recognition, dan HDR.
Pada kamera belakang juga ada mode manual buat atur White balance dan ISO. Sedangkan untuk mode beautify-nya punya tiga pilihan tingkat berbeda, mulai dari low, medium, sampai high.
Fitur yang cukup menarik adalah Voice Trigger. Di sini Anda bisa mengambil gambar secara otomatis hanya dengan bersuara, cocok buat Anda yang sering menggunakan tripod.
Sedangkan untuk kamera depannya beresolusi 5 MP dengan fitur intelligent beauty 3.0, countdown selfie, dan facial recognition. Untuk memaksimalkan hasil foto para pencinta selfie, terdapat juga LED flash yang secara otomatis aktif saat kondisi cahaya gelap.
Kalau bicara kualitas, bagi kami hasilnya biasa-biasa saja. Yaa tidak berbeda jauh dari kamera smartphone seri Redmi lainnya. Anda bisa melihatnya dari empat foto di atas atau lebih banyak contoh fotonya dalam video review di baway.

0 komentar :

Posting Komentar